Rabu, 23 Mei 2012

Yunita Wijaya, SE: Melukisi Gelas

Jangan diremehkan bila kita punya hobi. Bila kita tekuni secara serius, bukan tak mungkin dari hobi kita bisa mendapat penghasilan. Yunita Wijaya, SE misalnya. Sejak kecil ia memang gemar melukis. Bahkan saat kecil ia telah memenangkan beragam penghargaan. Justru dengan hobi inilah, setelah lulus kuliah Yunita tak cepat-cepat mencari pekerjaan.

’’Setelah lulus kuliah, saya selalu berpikir. Buat apa saya kerja ikut orang kalau saya bisa mengembangkan usaha sendiri. Dan saya yakin saya bisa. Apalagi dengan usaha sendiri omzetnya jauh lebih besar ketimbang kerja ikut orang,’’ terangnya.

Ia pun mulai berpikir usaha apa yang cocok ia kembangkan. Hingga pada awal tahun 2007, tanpa sengaja Yunita mencoba melukis dengan materi gelas. Gelas yang semula berwarna bening, ia gambar dengan beragam warna dan gambar lucu.

’’Ternyata setelah dilihat teman saya katanya gelas saya lucu. Mereka bahkan banyak yang membeli dan memesan untuk acara kawinan,’’ terangnya.

Sejak saat itu, Yunita menjadi dikenal sebagai pembuat souvenir khusus glass panting (lukisan kaca). Yunita memanfaatkan materi kaca seperti toples, gelas, piring, vas bunga, asbak, lampu temple dsb yang ia lukis satu persatu sehingga menghasilkan souvenir-suvenir dengan nilai seni yang tinggi. Meski begitu, Yunita malah tak mematok harga mahal. Padahal untuk pengerjaannya, ia melukis satu persatu souvenir-suvenir tersebut. ’’Makanya saya hanya terima pesanan souvenir maksimal 2 bulan sebelum acara karena pengerjaan souvenir ini lama,’’ terangnya.

Harga yang ditawarkan mulai Rp 10 ribu untuk lukisan gelas hingga Rp 450 ribu untuk lukisan toples kerupuk. Hanya bermodalkan Rp 3 juta, omzet Yunita kini mencapai 10 juta per bulan. Bahkan saat musim kawinan dan Lebaran, omzetnya bisa mencapai Rp 40 juta. Ia yakin dengan kegigihan seseorang, sebuah hobi bisa mendatangkan pendapatan yang cukup besar bila ditekuni dengan seirus. [DEWI]


Jenis usaha: kerajinan glass panting (lukisan kaca)
Modal awal: Rp 3 juta
Keuntungan : Rp 10-40 juta/bulan
Kiat sukses: gigih dan terus optimis

0 komentar: